Jumat, 02 Desember 2011

Layu Fusarium dan layu Verticiliumpada Tomat (Fusarium oxysporum f. sp. lycopersici, Verticillium spp.

Layu Fusarium dan layu Verticiliumpada Tomat (Fusarium oxysporum f. sp. lycopersici, Verticillium spp.
Tanaman inang : Tomat
Deskripsi:
Layu Fusarium dan Layu Verticillium merupakan dua penyakit utama yang menyebabkan layu pada tomat. Layu Fusarium adalah penyakit yang paling lazim ditemukan diantara kedua penyakit ini, di daerah Kansas, layu Fusarium umumnya terjadi pada pertengahan musim panas ketika temperature udara dan tanah tinggi. Awal terbentuknya penyakit tanaman ini adalah perubahan warna daun yang paling tua menjadi kekuningan (daun yang dekat dengan tanah). Seringkali perubahan warna menjadi kekuningan terjadi pada satu sisi tanaman atau pada daun yang sejajar dengan petiole tanaman. Daun yang terinfeksi akan layu dan mongering, tetapi tetap menempel pada tanaman. Kelayuan akan berlanjut ke bagian daun yang lebih muda dan tanaman akan segera mati. Batang tanama tomat akan tetap keras dan hijau pada bagian luar, tetapi pada jaringan vaskular tanaman, terjadi diskolorisasi, berupa luka sempit berwarna cokelat. Diskolorisasi dapat dilihat dengan mudah dengan cara memotong batang tanaman didekat tanah dan akan terlihat luka sempit berbentuk cincin berwarna cokelat, diantara daera sumbu tanaman dan bagian terluar batang.
kecenderungan kemunculan layu verticillium terjadi selama periode dingin pada akhir musim semi. Gejala penyakit ini hampir sama dengan layu Fusarium. Daun tertua yang terinfeksi akan menjadi kuning, layum dan secepatnya akan gugur. Tidak seperti layu Fusarium, layu Verticillium dapat menyebabkan perubahan warna kuning yang seragam dan kelayuan pada daun bagian bawah. Gejala penyakit selanjutnya adalah daun termuda akan mulai layu dan mati, sampai hanya tertinggal beberapa daun sehat pada bagian atas tanaman. Meskipun penyakit ini tidak menyebabkan kematian pada tanaman, penyakit ini dapat menyebabkan tanaman menjadi kerdil, lemah, dan menghasilkan buah yang kecil. Layu Verticillium juga menyebabkan diskolorisasi pada sistem vaskular tanaman dan hampir mirip dengan layu Fusarium, hanya saja, pada layu Verticillium, luka berwarna cokelat hanya terjadi sepanjang batang. Oleh sebab itu, analisis laboratorium mungkin dibutuhkan untuk membedakan kedua patogen penyebab penyakit ini.
Siklus Hidup:
Patogen penyebab layu Fusarium, dapat menginfeksi tanaman melalui biji yang terkontaminasi atau pencangkokan tanaman yang terinfeksi.Sekali menginfeksi, jamur ini akan bertahan selama bertahun-tahun pada tanah. Jamur penyebab Layu Verticillium juga termasuk patogen tular tanah dan dapat menyerang berbagai tanamn budidaya, seperti kentang, terong, strawbery, Rasberry hitam, dan beberapa macam gulma. Kedua jamur ini dapat menginfasi tanaman melewati sistem serabut akar dan mengganggu proses pengambilan air dan mineral pada tanaman.
Perkembangan infeksi dan penyakit layu Fusarium, didukung oleh suhu tanah yang hangat (800 F) dan kelembapan tanah yang rendah, sedangkan Penyakit layu Verticillium terbentuk pada kondisi tanah yang relatif dingin ( 55-750F).
Rekomendasi:
Rotasi tanaman dalam waktu lama (4-6 tahun) dapat menurunkan tingkat inokulum jamur di dalam tanah, tetapi hal ini tidak dapat mengendalikan penyakit ini secara lengkap. Cara pengendalian penyakit layu Fusarium dan verticillium yang sering digunakan adalah penggunakan varietas tahan. Beberapa varietas tomat yang tahan jamur Fusarium ras 1, dan jamur Verticillium adalah: Early Cascade (VF); Celebrity (VFN); Avalanche (F); Jet star (VF); Show me (VF); Burpee;s (VF); dan Beefmaster (VFN). Informasi keahaan tanaman dapat dilihat pada katalog benih.
Analisis :
Penyakit layu Fusarium yang disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum dan layu Verticillium yang disebabkan oleh jamurVerticillium spp., termasuk dalam kelompok penyakit tular tanah, yang dapat bertahan dalam waktu yang lama. Kedua patogen ini,umumnya menyebabkan kerusakan pada tanaman pada bagian akar atau pangkal batangnya dan menyebabkan gejala yang dapat juga tampak pada bagian tanaman atas tanah. Penyakit tular tanah umumnya, sulit dikendalikan karena memiliki kisaran inang yang luas, dapat bertahan dalam tanah dalam waktu yang lama, dan gejala dini sulit diidentifikasi, sehingga penyakit baru dapat diketahui ketika serangan sudah lanjut dan menyebabkan gejala pada bagian atas tanah.
Tanaman yang sehat dapat terinfeksi oleh kedua patogen ini, jika di dalam tanah tempat tanaman tumbuh terkontaminasi oleh jamur ini. Jamur ini dapat menyebar pada tanaman lain dengan menginfeksi akar tanaman menggunakan tabung kecambah, atau miselium. Akartanaman dapat terinfeksi langsung melalui jaringan akar, atau melalui akar lateral. Setelah memasuki akar tanaman, miselium akan berkembang hingga mencapai jaringan korteks akar. Pada saat miselium jamur mencapai xylem, maka miselium ini akan berkembang hingga menginfeksi pembuluh xylem. Miselium yang telah menginfeksi pembuluh xylem, akan terbawa ke bagian lain tanaman, dan mengganggu peredaran nutrisi dan air pada tanaman.


Pengendalian penyakit ini umumnya menggunakan varietas tahan, tetapi apabila sifat ketahanan ini patah, akan menyebabkan tanaman menjadi rentan. Pengenalian penyakit tular tanah yang efektif, dapat menggunkanan agens hayati seperti jamur antagonis Trichodermasp., dan menambah keaneka ragaman mikroorganisme tanah, dengan cara menambah bahan organik tanah, dan menginduksi agens hayati pada tanah. Tetapi cara ini memiliki kelemahan, yaitu pengendalian berjalan dalam waktu yang lama, dan hasilnya baru terihat dalam waktu lama. pengendalian penyakit ini juga dapat menggunakan modifikasi lingkungan, yaitu memodifikasi lingkungan agar tidak sesuai dengan pertumbuhan jamur tular tanah, seperti pemasangan mulsa

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus